Logo Pegadaian
Close Menu

PT Pegadaian Dorong Pembiayaan UMI Bersama Pusat Investasi Pemerintah

06 Aug 2019 | 170 views

Jakarta, 31 Juli 2019 – PT Pegadaian (Persero) mendorong perluasan jangkauan pembiayaan UMI dengan turut ambil bagian dalam penandatanganan akad penyaluran bersama Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Penandatanganan dilaksanakan di Kantor Pusat Investasi Pemerintah, Graha Mr 12 Lantai 8, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dengan perwakilan dari kedua belah pihak yakni Direktur Keuangan dan Operasional Strategis PT Pegadaian Persero Ninis Kesuma Andriani dan Plt Direktur Utama PIP Djoko Hendratto.

Sejauh ini PT Pegadaian telah lebih dari dua tahun menjalin kerja sama dengan PIP terkait penyaluran pembiayaan UMI, yang merupakan program pemerintah perihal pembiayaan produktif kepada UMKM di Indonesia.

Program Pembiayaan UMI dilakukan oleh BLU (Badan Layanan Umum) Pusat Investasi Pemerintah, di bawah Kementerian Keuangan dan ditujukan untuk pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal usaha berupa pinjaman maksimal sebesar Rp.10 juta. Proses penyalurannya bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yaitu PT. Pegadaian, PT.PNM, dan PT.Bahana Artha Ventura (PT. BAV) serta melalui lebih dari 45 koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai Lembaga linkage di bawah PT. BAV.

Strategi dan upaya yang dipersiapkan oleh PT Pegadaian tak tanggung-tanggung, perusahan juga ikut berpartisipasi di program PIP untuk bekerja sama dengan Pemda Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Program ini menggandeng pemerintah daerah sebagai pihak yang paling mengetahui kondisi calon debitur maupun calon penyalur yang potensial di wilayahnya, sehingga dapat memperluas cakupan penyebaran dan mendongkrak pertumbuhan penerima UMI yang baru, terlebih mengingat ada lebih dari 4200 outlet Pegadaian tersebar di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan tujuan dari sinergi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah yakni mensejahterakan masyarakat melalui Pembiayaan UMI.