Logo Pegadaian
Close Menu

Pegadaian Bersama OJK Dorong Inklusi Keuangan Bagi Perempuan Kota Padang

25 Mar 2020 | 3911 views

PT Pegadaian (Persero) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan edukasi keuangan bagi perempuan di Kota Padang yang secara resmi dubuka pada tanggal 11 Maret 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi perempuan khususnya Ibu Rumah Tangga di Kota Padang tentang industri, layanan, dan produk-produk keuangan yang aman serta terlindungi bagi masyarakat.

Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif, perempuan atau ibu rumah tangga menjadi salah satu sasaran prioritas dalam menjalankan program edukasi dan literasi keuangan. Hal ini didasarkan pada data di mana tingkat literasi keuangan bagi perempuan (well-literated) hanya sebesar 37.7%, lebih kecil dibandingkan tingkat literasi bagi laki-laki yakni sebesar 43.3%. Padahal tingkat literasi keuangan sangat penting dalam mengukur sejauh mana masyarakat memiliki pemahaman terkait industri, layanan, dan produk keuangan yang aman dan terlindungi.  

Sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif tersebut, PT Pegadaian (Persero) terus mengambil peran dalam melakukan edukasi keuangan bagi sasaran-sasaran prioritas yang telah ditentukan. Assistant Vice President Komunikasi Literasi dan Inklusi PT Pegadaian (Persero) Khoiriyah Dwi Putranti menekankan tentang pentingnya pengelolaan keuangan secara bijak bagi perempuan atau ibu rumah tangga . “Kita harus bisa menentukan skala prioritas keuangan keluarga, mana hal yang merupakan kebutuhan utama keluarga dan mana yang hanya menjadi keinginan. Dengan demikian kita bisa mengalihkan pengeluaran yang tidak terlalu penting ke hal yang jauh lebih bermanfaat semisal menabung atau investasi,” terangnya saat menyampaikan materi pengelolaan keuangan pada kegiatan edukasi tersebut.

Melalui kegiatan ini, PT Pegadaian (Persero) turut melibatkan ibu-ibu pengurus bank sampah binaan di Kota Padang yang tergabung dalam Program Memilah Sampah Menabung Emas atau lebih dikenal dengan The Gade Clean & Gold. Diharapkan agar para peserta edukasi dapat menyampaikan informasi yang didapat ke lingkungan sekitar tempat tinggal. Dengan demikian, pengaruh atau multiplier effect dari kegiatan ini bisa menjangkau sasaran masyarakat yang jauh lebih luas.

Kegiatan edukasi ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor OJK Sumatera Barat, Misran Pasaribu. Beliau menyampaikan tentang peran penting seorang perempuan dalam mengelola keuangan yang sehat bagi keluarga. Perempuan memegang peran yang sangat penting dalam mengelola keuangan keluarga. Sehat atau tidaknya kondisi keuangan sebuah keluarga ditentukan oleh sejauh mana  mereka mampu mengelola keuangan secara bijak. Karena perannya yang sedemikian penting itulah saya kemudian menyebut perempuan atau ibu rumah tangga sebagai menteri keuangan keluarga,” terangnya

Install this webapp on Your iPhone: tap and then Add to homescreen.
#
# #