PT Pegadaian meluncurkan layanan gadai dari
rumah berupa penjemputan dan pengantaran barang
jaminan dari lokasi calon nasabah ke Cabang Pegadaian ataupun sebaliknya.
Layanan ini merupakan pengembangan fitur dari aplikasi Pegadaian Digital yang
semakin memanjakan nasabah. Layanan baru ini disebut Gadai Express.
Caranya sangat mudah. Untuk transaksi gadai, aktivitas dimulai
dengan mengunduh aplikasi Pegadaian Digital, klik ikon gadai dan pilih layanan
Gadai Express kemudian memasukkan data mengajuan, melakukan pemesanan kurir,
memotret barang jaminan, mengemas barang dengan baik dan mengirimkan dengan
menggunakan jasa Gosend.
Selanjutnya petugas Penaksir Pegadaian akan menaksir dan
menetapkan uang pinjaman. Jika nasabah sepakat dengan jumlah pinjaman yang
diberikan, uang tersebut akan ditransfer ke rekening yang bersangkutan. Jika
tidak sepakat atau pengajuan pinjaman ditolak, barang jaminan akan dikembalikan
kepada nasabah.
Direktur Pengembangan Produk dan Pemasaran Harianto Widodo
mengatakan bahwa saat ini layanan Gadai Express baru bisa dilayani oleh Gojek
dengan fitur Gosend. Kedepan Pegadaian akan menggandeng mitra lain untuk
memperluas akses kepada nasabah.
“Layanan Gadai Express merupakan salah satu terobosan baru sebagai
bentuk inovasi Pegadaian dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Ke
depan kami akan terus membangun kemitraan dengan beberapa perusahaan yang
berbasis digital. Ini sejalan dengan program transformasi digital dalam rangka
mempercepat proses bisnis serta memperluas jangkauan pelayanan kepada nasabah”.
Lebih lanjut Harianto mengatakan bahwa untuk tahap awal, layanan
Gadai Express diberikan untuk barang jaminan dengan nilai maksimal Rp.10 juta
dengan jarak lokasi radius 7 kilometer. Waktu pelayanan untuk hari Senin-Jumat
mulai pukul 08.00-14.00, sedangkan untuk hari Sabtu mulai pukul 08.00-11.00
waktu setempat. Saat ini layanan baru dibuka di 92 kantor cabang di wilayah
Jabodetabek.
“Kami berharap masyarakat mendapatkan pengalaman baru yang semakin
memudahkan akses mereka terhadap produk gadai yang merupakan produk utama PT
Pegadaian. Dengan demikian peran Pegadaian dalam menyukseskan program Pemulihan
Ekonomi Nasional semakin dirasakan oleh masyarakat,” ucap Harianto di sela
kegiatan sosialisasi yang digelar secara daring Rabu (27/10/2021).
Sementara itu Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan Damar Latri
Setiawan mengatakan bahwa selain menggandeng banyak pihak untuk berkolaborasi memperluas
jaringan penjualan dengan sistem keagenan, Pegadaian juga mengembangkan layanan
digital sebagai sarana perluasan jaringan distribusi.
“Gadai Express merupakan bagian dari journey Gadai Online
dimana seluruh aktivitas transaksi Produk Gadai dimungkinkan dilakukan secara offline
maupun online, sehingga nasabah memiliki opsi layanan yang lebih variatif,”
ungkap Damar.