Jakarta, 6 September 2018—PT Pegadaian (Persero) memperoleh
Gold Medal yang merupakan penghargaan tertinggi untuk kategori Non-Banking
Financial Services pada ajang Brand Asia Award 2018 yang diselenggarakan oleh
Markplus Inc. yang berkolaborasi dengan Nikkei BP Consulting pada hari Kamis,
(6/9/2018) di Jakarta.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pariwisata,
Arief Yahya, kepada Direksi Pegadaian yang dalam hal ini diwakili oleh General
Manager Pemasaran, Market Intelligence & Sales, Ariyadi Purwanto.
Penghargaan tersebut diberikan karena Pegadaian dinilai
sigap dalam menghadapi disrupsi dan turbulensi. Ketika lingkungan bisnis
mengalami perubahan yang dinamis, brand Pegadaian tetap kuat terbukti dengan
pertumbuhan bisnis yang terus meningkat.
Penilaian dilakukan berdasarkan survei terhadap merk-merk
lokal maupun global oleh Markplus Inc. Hasil tersebut dimonitor kekuatannya
mengacu pada Brand Strength Model yang dikembangkan oleh Nikkei. Kekuatan brand
ditentukan oleh empat hal yakni friendly, convenient, outstanding, dan
innovative.
Hermawan Kertajaya, Founder dan CEO Markplus Inc. mengatakan
bahwa berdasarkan studi lintas negara, skor brand yang tinggi dari suatu sektor
industri bisa menjadi indikasi brand dan bisnis yang digeluti sedang naik daun.
“Hasil lain yang juga menarik adalah skor kekuatan brand
tertinggi dan terendah dari sebuah brand yang disurvei di Indonesia ternyata
lebih tinggi dibandingkan skor tertinggi dan terendah di negara-negara lain
yang terlibat dalam kegiatan Brand Asia ini.”
Maka tidak mengherankan jika brand yang kuat di Indonesia
juga masuk brand papan atas brand dengan skor tinggi dalam studi antar negara,
kata Hermawan.
Sementara General Manager Pemasaran, Market Intelligence
& Sales PT Pegadaian (Persero) Ariyadi Purwanto menyatakan bahwa meskipun
telah memiliki brand yang kuat, Pegadaian terus melakukan gebrakan untuk
merangkul kalangan milenial.
“Saat ini Pegadaian telah membangun The Gade Coffee and Gold
sebagai bentuk layanan prioritas. Kami berharap kalangan generasi milenial
dapat mengenal Pegadaian melalui kafe, mengingat mereka terbiasa
bersosialisasi, bahkan bekerja di luar kantor. Kami juga telah meluncurkan Aplikasi
Pegadaian Digital sebagai smarter way untuk mengakses produk dan layanan
Pegadaian. Sedangkan untuk kalangan mahasiswa kami meluncurkan produk gadai
tanpa bunga”.
Dengan produk gadai tanpa bunga ini diharapkan dapat
memberikan pengalaman baru bagi kalangan mahasiswa untuk bertransaksi di
Pegadaian.