Logo Pegadaian
Close Menu

The Gade Clean & Gold Merambah ke Sulawesi

03 Dec 2018 | 338 views

Makassar, 3 Desember 2018 – Program The Gade Clean & Gold, PT Pegadaian (Persero) kini mulai merambah ke Pulau Sulawesi dan diresmikan di Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalae, Makassar. Program tersebut merupakan upaya Pegadaian untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mengubah sampah menjadi emas.

 

Direktur TI dan Digital Pegadaian, Teguh Wahyono mengatakan program The Gade Clean & Gold ini merupakan sikap intensif Pegadaian untuk mengajak seluruh Makassar agar peduli terhadap lingkungan sekitar, dengan membangun Bank Sampah. Bank Sampah di bangun sebab, jumlah sampah rumah tangga di wilayah tersebut terus menjukkan peningkatan.

 

“Setelah Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Pegadaian membangun Bank Sampah yang merupakan tujuan dari program The Gade Clean & Gold ini, di Pulau Sulawesi. Pada prosesnya nanti kami akan memberikan sebuah pembekalan untuk mengumpulkan dan megolah sampah, yang kemudian menjadi tabungan emas,” katanya saat peresmian di Jongaya, Makassar, Senin (3/12).  

 

Teguh menjelaskan peresmian Bank Sampah di Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalae, Makassar ini merupakan salah satu perwujudan dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Pegadaian yang bertajuk Pegadaian Bersih-Bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan, sebagai bentuk kepedulian sosial Pegadaian kepada Masyarakat.


“Bank Sampah ini di beri nama Asoka Lima. Kemudian, Pegadaian memberikan bantuan operasional, yaitu 1 motor sampah, 20 grobak sampah, 3 troli penampungan sampah besar, dan 10 gardu sampah. Sehingga total dana yang di keluarkan oleh Pegadaian sebesar Rp 140 juta, termasuk renovasi bank sampah, 2 buah gerbang gapura, dan pengecatan lorong.”

 

Kini pogram The Gade Clean & Gold hadir di empat kota Indonesia, di Pekanbaru, Bekasi, Banjarmasin, dan Makassar. Kehadiran program ini sudah banyak memberikan manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat setempat karena mereka dapat memanfaatkan sampah menjadi tabungan emas, jelasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal menyampaikan apresiasinya kepada pereron, terhadap program The Gade Clean & Gold di Makassar. “Adanya Bank Sampah Asoka Lima ini, dapat membuat seluruh masyarakat Makassar peduli terhadap kebersihan, apalagi saat ini jumlah sampah yang terus menerus meningkat sehingga tidak dipungkiri lingkungan kita semakin tercemar. Kemudian, diharapkan juga Bank Sampah Asoka Lima ini dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar.”

 

Diinformasikan, Program The Gade Clean & Gold di kota Makassar, merupakan sebagai wujud kepedulian Pegadaian dan menegaskan kehadirannya sebagai BUMN Hadir untuk Negeri sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat baik dalam sektor ekonomi maupun lingkungan.