Logo Pegadaian
Close Menu
pegadaian mengatasi masalah tanpa masalah

Tugas dan Fungsi

Struktur Organisasi Komunikasi Perusahaan

Struktur organisasi komunikasi perusahaanyang terdiri atas organ-organ sebagai berikut:

  1. Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (APPID)
  2. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)
  3. Tim Pertimbangan Pengelola Informasi dan Dokumentasi (TPPID)
  4. Fungsional Pengelola Informasi dan Dokumentasi (FPID)


1)    Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (APPID)

Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (APPID) yang berkedudukan di Kantor Pusat dijabat oleh Direktur Utama, sedangkan di Kantor Wilayah dijabat oleh Pemimpin Wilayah. APPID dalam menjalankan tugas dan fungsinya bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama.

Tugas APPID adalah sebagai berikut:

  1. Membahas jenis komunikasiperusahaan yang dikecualikan bersama TPPID
  2. Membahas, menyelesaikan, dan memutuskan sengketa komunikasi di dalam perusahaan bersama TPPID
  3. Melakukan telaah (review) komunikasi perusahaan yang dilakukan oleh PPID
  4. Mengarahkan dan memberikan persetujuan PPID dalam mengelola dan melaksanakan komunikasi perusahaan. 

APPID mempunyai fungsi sebagai berikut:  

  1. Pengarah PPID dalam menjalankan tugas dan fungsinya
  2. Pengambilan keputusan terkait komunikasi perusahaan
  3. Penanggung jawab pelaksanaan komunikasi perusahaan.


2)    Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang berkedudukan di Kantor Pusat dijabat oleh Sekretaris Perusahaan dan di Kantor Wilayah dijabatoleh Deputi Operasional.PPID dalam menjalankan tugas dan fungsinya bertanggung jawab langsung kepada APPID.

Kriteria PPID:

  1. PPID merupakan pejabat struktural yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan fungsi komunikasi perusahaan di lingkungan Perseroan; 
  2. PPID harus memiliki kompetensi di bidang komunikasi dan kehumasan;
  3. Penunjukan PPID dan struktur organisasinya ditetapkan melalui Surat Keputusan Direksi Perseroan; dan,
  4. Dalam melaksanakan tugasnya PPID dibantu oleh Fungsional Pengelola Informasi dan Dokumentasi (FPPID)

PPID mempunyai tugas:

  1. Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan komunikasi perusahaan di lingkungan PT Pegadaian (Persero)
  2. Melaporkan tugas dan fungsinya kepada APPID
  3. PPID Wilayah wajib membuat Laporan Bulanan pelaksanaan tugas dan fungsinya ke PPID Kantor Pusat
  4. PPID Kantor Pusat wajib membuat Laporan Berkala kepada Direktur Utama.

PPID menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusun komunikasi perusahaan, baik secara internal maupun eksternal PT Pegadaian (Persero);
  2. Penataan dan pendokumentasian aktivitas komunikasi perusahaan yang diperoleh dari seluruh unit kerja di PT Pegadaian (Persero);
  3. Penyeleksian dan peninjauan aktivitas komunikasi perusahaan yang termasuk dalam kategori pengecualian dari informasi yang terbuka untuk publik dan,
  4. Penyelesaian sengketa aktivitas komunikasi perusahaan.


3) Tim Pertimbangan Pengelola Informasi dan Dokumentasi (TPPID)

Tim Pertimbangan Pengelola Informasi dan Dokumentasi (TPPID) Kantor Pusat, terdiri dari:

  1. Kepala Satuan Pengawas Internal sebagai Ketua
  2. Jeneral Manajer Risk Management & Compliance sebagai Anggota
  3. Jeneral Manajer Hukum sebagai Anggota

TPPID Kantor Wilayah, terdiri dari:

  1. Inspektur Wilayah sebagai Ketua
  2. Fungsional Risk Management & Compliance sebagai Anggota
  3. Fungsional Hukum sebagai Anggota

Tugas TPPID adalah sebagai berikut:

  1. Membahas dan mengusulkan jenis komunikasi perusahaan yang dikecualikan
  2. Membahas, menyelesaikan, dan memberikan masukan dalam memutuskan sengketa komunikasi di dalam perusahaan
  3. Memberikan masukan hal-hal yang belum diatur di dalam pedoman pengelolaan informasi dan dokumentasi.

TPPID mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Pemberi pertimbangan dalam pengambilan keputusan terhadap sengketa komunikasi perusahaan
  2. Pemberi pertimbangan dalam penyelesaian masalah dan hal-hal yang belum diatur di dalam pedoman pengelolaan informasi dan dokumentasi.


4) Fungsional Pengelola Informasi dan Dokumentasi (FPID)

Fungsional Pengelola Informasi dan Dokumentasi (FPID) yang berkedudukan di unit kerjaPPID masing-masinguntukmembantu PPID dalammenjalankantugasdanfungsi komunikasi perusahaan.

Kriteria FPID:

  1. FPID merupakan pejabat fungsional yang ditunjuk untuk membantu PPID
  2. FPID memiliki kompetensi di bidang komunikasi perusahaan dan kehumasan
  3. FPID terdiri dari arsiparis, pranata komputer, pranata humas, dan/atau pejabat fungsional lainnya yang diperlukan.

Tugas FPID : 

FPID mempunyai tugas membantu PPID dalam pelaksanaan aktivitas komunikasi perusahaan di lingkungan PT Pegadaian (Persero), meliputi: 

  1. Pengidentifikasian dan pendokumentasian aktivitas komunikasi perusahaan dari seluruh unit kerja di lingkungan PT Pegadaian (Persero); 
  2. Pengolahan, pelaksanan, dan pelaporan aktivitas komunikasi perusuhaan dari seluruh unit kerja di lingkungan PT Pegadaian (Persero); 
  3. Penyeleksian dan peninjauan aktivitas komunikasi perusahaan yang termasuk dalam kategori dikecualian dari informasi yang dibuka untuk publik; dan,
  4. Bekerja sama dengan pejabat pada unit pelaku komunikasi untuk melakukan pengujian guna menentukan aksesibilitas atas suatu aktivitas komunikasi perusahaan.